10 KULINER KHAS THAILAND YANG WAJIB KAMU COBA

Posted on

Paket Tour Thailand Murah – Thailand tak hanya menawarkan panorama alam yang indah. Negeri ini terhitung mempunyai begitu banyak kuliner khas yang mesti anda coba kala mampir ke sana. Simak baik-baik 10 daftar kuliner khas Thailand tersebut ini dan jangan sampai anda melewatkannya kala kelak berwisata ke sana :

1. Kalamae

Kalamae adalah sejenis kudapan bersama dengan rasa yang manis dan tekstur yang lengket. Makanan ini terbuat dari ketan yang dihaluskan atau tepung ketan, gula palem atau gula pasir, dan santan. Ketiga bahan tersebut dimasak sambil diaduk-aduk sampai diperoleh tekstur yang kenyal dan lengket. Adonan yang sudah masak lantas dipotong kecil-kecil dan ditaburi bersama dengan wijen lantas dikemas di dalam plastik.

Biasanya ada dua varian Kalamae yakni Kalamae berwarna coklat yang memanfaatkan gula palem dan Kalamae berwarna hijau yang memanfaatkan gula putih dan juga diberi perwarna hijau dari daun pandan. Makanan ini dapat didapatkan bersama dengan mudah khususnya di Samui dikarenakan ada banyak pohon kelapa di daerah ini. Para ibu rumahtangga mahir menyebabkan makanan yang satu ini sebagai kudapan bagi seluruh bagian keluarga.

2. Tom Yam
Sup khas Thailand yang satu ini begitu tenar dan apalagi sudah mendunia. Tom Yam mempunyai rasa yang kuat dikarenakan dibumbui bersama dengan beraneka rempah-rempah seperti serai, laos, jeruk nipis, saus ikan, daun jeruk dan terhitung cabai. Kuah yang kental dan berbumbu ini makin lama lengkap bersama dengan potongan cumi, udang dan jamur. Tom Yam asli Thailand kebanyakan mempunyai rasa yang pedas. Karena itu, kecuali anda tidak suka pedas sebaiknya tanyakan tingkat kepedasannya kala hendak memesan.

3. Phad Thai
Makanan ini pertama kali dikenal di Thailand pada masa kerajaan Ayutthaya. Phad Thai diyakini berasal dari Cina atau dari Vietnam. Phad Thai terdiri dari mie yang terbuat dari beras, telur, tahu, asam jawa, saus ikan, bawang putih, cabai, gula palem, dan kacang kedelai. Sebagai tambahan dapat terhitung dimasukkan potongan ayam, udang ataupun kepiting. Di Thailand, makanan ini dapat ditemukan di restoran sampai warung kaki lima.

4. Khao Phad
Khao Phad adalah nama yang diberikan orang Thailand untuk nasi goreng. Nasi goreng khas Thailand ini memanfaatkan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, telur, bawang putih, saus tiram, saus kecap, garam dan gula. Semua bahan-bahan ini dimasak bersama dengan kenakan wajan dan dihidangkan bersama dengan potongan timun, selada, potongan jeruk dan potongan tomat. Beberapa variasi nasi goreng Thailand ditambahkan bersama dengan potongan ayam, potongan daging babi, kepiting ataupun udang. Nasi goreng Thailand kebanyakan tidak berasa pedas agar disukai para wisatawan yang tidak jadi biasa bersama dengan menu-menu makanan Thailand yang pedas.

5. Som Tam
Som Tam adalah salad khas Thailand yang terbuat dari serutan pepaya muda yang diberi bumbu. Bumbu untuk salad ini pada lain cabai, gula palem, saus ikan dan perasan jeruk nipis. Selain serutan pepaya muda sebagai bahan utama, bahan pelengkap lainnya yang ditambahkan terdiri dari udang kering, tomat, kacang panjang, terung bulat dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar. Som Tam yang fresh terlampau cocok dinikmati bersama bersama dengan rekan dan keluarga.

6. Tom Kha Kai
Tom Kha Kai atau sup ayam laos ini mempunyai rasa yang pedas dan asam. Sup ini terbuat dari santan kelapa, laos, jeruk purut, serai, ketumbar, jamur merang, perasan jeruk nipis, cabai dan potongan ayam. Santan kelapa bersama dengan paduan aneka bumbu tersebut menjadikan makanan ini keliru satu menu favorit bagi wisatawan yang mampir ke Thailand.

7.  Mango Sticky Rice
Mango Sticky Rice tergolong sebagai paduan makanan yang unik bagi orang Indonesia yang belum pernah merasakannya. Mango Sticky Rice terdiri dari ketan, santan dan potongan mangga kuning yang manis. Ketan direndam di dalam air khususnya dahulu, baru lantas dikukus sampai matang. Sedangkan santan kelapa dipanaskan tapi tidak sampai mendidih dan ditambahkan bersama dengan gula dan garam. Dalam penyajiannya, sekepal ketan diletakkan di atas piring dan lantas di atasnya ditambahkan potongan mangga kuning. Selanjutnya santan kelapa disiramkan di permukaannya.

8.  Massaman Curry
Massaman Curry atau kari Massaman sudah dikenal di Thailand sejak abad 17. Makanan ini kebanyakan dihidangkan bersama dengan potongan ayam atau daging sapi. Selain daging, makanan yang lezat ini terdiri dari potongan kentang, wortel, kapulaga, kayu manis, kembang lawang atau pekak, jintan putih, daun salam dan pala. Massaman Curry kebanyakan dinikmati bersama dengan bersama dengan nasi. Rasanya yang kaya rempah mulai begitu lezat dilidah dan pasti menyebabkan anda terkesan.

9.  Gaeng Daeng
Gaeng Daeng atau kari ayam merah mempunyai aroma wangi rempah yang menggugah selera. Makanan ini mengkombinasikan rasa gurih dari santan kelapa, manisnya gula palem dan rasa asin dari saus ikan. Kari merah ini tak hanya berisi potongan ayam saja tapi di dalamnya ada pula potongan nanas dan potongan bambu muda. Menu yang satu ini kebanyakan dihidangkan hangat-hangat bersama dengan bersama dengan nasi.

10. Kai Phad Med Ma Muang
Hidangan yang satu ini sebenarnya cukup sukar untuk disebut dikarenakan namanya yang terbilang cukup panjang. Kai Phad Med Ma Muang dibikin bersama dengan bumbu cabai kering, paprika merah atau hijau, bawang putih, daun bawang dan lebih dari satu rempah-rempah khas Thailand. Bumbu-bumbu ini dicampurkan bersama dengan potongan ayam dan kacang mete. Hidangan ini cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Nah, itulah 10 kuliner khas Thailand yang mesti anda coba kala mampir ke Thailand. Dengan daftar kuliner ini, anda tak mesti ulang bingung memilih makanan yang hendak disantap kala berwisata ke negeri gajah putih.