10 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Travel Bekasi Cirebon –  Cirebon merupakan sebuah lokasi di Provinsi Jawa Barat dan berada di pesisir utara Jawa atau yang lebih dikenal dengan jalur pantura (pantai utara). Karena lokasi geografisnya, Cirebon jadi keliru satu jalur utama yang menghubungkan antara kota Jakarta – Semarang – Surabaya.

Selama ini Cirebon banyak dikenal dengan kerajinan batiknya. Cirebon jadi keliru satu penghasil kerajinan batik terbesar di pesisir Jawa. Namun ternyata Cirebon tak hanya soal batik motif mega mendung yang jadi andalannya. Daerah ini terhitung miliki potensi pariwisata yang besar. Berikut 10 area wisata di Cirebon yang sayang untuk dilewatkan:

1. Wanawisata Ciwaringin
Tempat wisata ini berada di Desa Ciwaringin. Di sini, Anda mampu berlangsung kaki nikmati pemandangan wanawisata. Seperti biasanya kawasan hijau di kota lain, di sini Anda terhitung mampu menemui pepohonan rindang lebih-lebih pohon kayu putih. Cukup unik, ya?

Wanawisata Ciwaringin ramai dikunjungi terhadap hari Minggu. Jika Anda bahagia memancing, ada Danau Ciranca untuk memuaskan hobi Anda. Membawa pulang ikan segar hasil memancing sendiri tentu akan menyenangkan. Selain itu, terkandung arena motor cross yang terhadap waktu khusus digunakan untuk pertandingan balap.

2. Desa Wisata Cikalahang
Di desa wisata ini, hobi memancing dan wisata kuliner Anda akan terpenuhi. Cikalahang merupakan sebuah area wisata di Cirebon yang menjadi tujuan favorit keluarga. Ada banyak rumah makan dengan menu ikan bakar istimewa. Tak hanya itu, Anda terhitung mampu memancing sendiri ikan di kolam-kolam yang telah di sajikan agar ikan dijamin masih di dalam keadaan segar waktu dimasak. Desa Wisata Cikalahang berada di Kecamatan Dukupuntang.

3. Situ Sedong
Situ Sedong merupakan waduk buatan sekaligus tempat wisata di Cirebon, tepatnya di Kecamatan Sedong. Tempat ini banyak dikunjungi keluarga waktu akhir pekan. Selain mampu memandang pemandangan, ada terhitung permainan yang mampu Anda menggunakan untuk bersantai dengan keluarga layaknya bebek air. Bebek air mampu digunakan untuk melingkari Situ Sedong.

Saat paling baik untuk singgah ke Situ Sedong adalah terhadap sore hari karena cuaca tidak panas, agar Anda mampu nikmati area wisata ini dengan lebih nyaman.

4. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution merupakan taman rekreasi terbesar yang ada di kota ini. Pada awalnya, taman ini bernama Traffic Garden Cirebon dan jadi area wisata di Cirebon yang paling banyak dikunjungi. Pada tahun 1966, taman ini berubah nama jadi Taman Ade Irma Nasution.

Tempat wisata ini sesuai sekali dikunjungi dengan keluarga. Di sini, ada area bermain anak dan kebun binatang mini. Karena lokasinya yang berdekatan dengan pelabuhan Cirebon, Anda terhitung mampu nikmati keindahan pantai. Selain itu, ada pertunjukan musik dan seni yang teratur diselenggarakan setiap hari Minggu dan hari libur nasional di panggung yang telah disediakan.

5. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II terhadap tahun 1529. Selain sebagai keraton tertua di Cirebon, keraton ini terhitung jadi yang termegah dan paling terawat di kota ini. Keraton dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah. Sedangkan bangunan utamanya berwarna putih yang di dalamnya terkandung singgasana sultan dan area tidur.

Bangunan peninggalan sejarah ini sekarang jadi area wisata di Cirebon yang jadi tujuan favorit pengunjung dari luar kota. Di sini, Anda mampu memandang benda-benda pusaka punya sultan dahulu dan terhitung sebuah Kereta Singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan.

6. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman berjarak hanya kira-kira 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini dibangun oleh Sultan Badaruddin terhadap tahun 1588 karena berlangsung perselisihan mengenai siapa pewaris keraton. Dari Keraton Kasepuhan ke Keraton Kanoman, Anda akan melewati pasar tradisional yang menjual beragam macam suvenir khas Cirebon agar mampu memudahkan Anda untuk belanja oleh-oleh.

Di sini, Anda mampu masuk museum yang di dalamnya terkandung banyak benda peninggalan bersejarah layaknya piring-piring antik dari Eropa yang merupakan koleksi sultan dahulu. Selain itu, keraton ini masih jadi area tinggal keturunan ke-12 kesultanan yakni Raja Muhammad Emiruddin dan keluarganya.

7. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa disebut terhitung dengan Masjid Agung Kasepuhan karena lokasinya yang berdekatan dengan Keraton Kasepuhan. Masjid ini jadi keliru satu tempat wisata di Cirebon. Di halaman masjid terkandung sumber yang disebut miliki sumber yang mirip dengan sumur air zam-zam di Mekkah. Air dari sumur ini terhitung dipercaya mampu mengobati beragam penyakit jika diminum dan dipakai mencuci wajah.

Yang unik dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pintu masuk yang dibikin tidak tinggi agar setiap orang yang masuk perlu merundukkan tubuhnya. Hal ini sebagai isyarat penghormatan dan kesopanan kala masuk ke rumah ibadah.

8. Taman Sari Gua Sunyaragi
Tempat wisata ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama taman ini berasal dari dua kata bhs Sansekerta yakni ‘sunya’ yang bermakna sepi dan ‘ragi’ yang bermakna raga. Lokasi ini dahulu sesungguhnya digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai area melacak ketenangan.

Ada dua bangunan utama yakni pesanggrahan dan gua. Di di dalam pesanggrahan terkandung sebagian ruangan layaknya area tidur dan area rias. Yang menarik adalah bangunan gua yang dari luar muncul layaknya candi. Bagian dalamnya menyerupai gua karena ada banyak lorong dan berupa mirip labirin. Selain rindangnya pepohonan untuk beristirahat, di kira-kira area wisata ini terkandung banyak saung kecil yang menjual makanan dan suvenir khas Cirebon.

9. Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan merupakan keliru satu area wisata di Cirebon yang banyak dikunjungi setiap harinya lebih-lebih terhadap waktu akhir pekan. Taman pemandian ini berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon, area wisata ini mampu ditempuh di dalam waktu 25 – 30 menit perjalanan.

Air di taman pemandian ini adalah sumber air panas alami yang memiliki kandungan belerang dan dipercaya mampu mengobati beragam penyakit kulit. Di kira-kira lokasi pemandian terkandung banyak gazebo untuk beristirahat.

10. Kampung Batik Trusmi
Kegiatan belanja suvenir khas suatu area ada problem dipisahkan dari kegiatan wisata. Jika dambakan berbelanja batik khas Cirebon sebagai oleh-oleh, Anda mampu singgah ke Kampung Batik Trusmi di Kecamatan Plered, Cirebon. Ada batik dengan beragam motif khas yang mampu Anda beli secara eceran atau grosir. Harga yang ditawarkan di sini lebih terjangkau dibanding jika perlu belanja batik di mall atau pusat perbelanjaan lain.