Waspada Ketika Mesin Genset Mengalami Overspeed

Posted on

Waspada Ketika Mesin Genset Mengalami Overspeed

Jual Genset – Setiap mesin yang dipakai manusia, hakikatnya memang memiliki batasan putaran tertentu, mesin tidak bisa bekerja terus menerus tanpa istirahat. Termasuk mesin genset yang biasa digunakan di rumahan, industry kecil hingga industry kelas menengah ke atas.

Dalam suatu kondisi tertentu, mesin bisa mengalami putaran berlebihan atau mengalami overspeed. Yang dimaksud dengan overspeed adalah kondisi di mana mesin akan mengalami peningkatan kecepatan perputaran dari batas normalnya. Agar kita bisa mendeteksi hal tersebut lebih awal, maka kita harus rajin melakukan pengecekan pada frekuensi suara dari mesin gensetnya. Jika yang Anda dengar adalah suara kebisingan yang makin lama makin naik, maka bisa dipastikan jika mesin genset telah mengalami overspeed sehingga kemungkinan besar akan menjadi tidak terkendali bahkan bisa meledak kapan saja, tanpa kita duga.

Akibat dari perputaran mesin yang cepat bahkan melebihi batas amanya, maka lama kelamaan bagian dari mesin akan mengalami tekanan hebat, jadi jangan kaget jika mesin genset Anda rusak dengan cepat. Bahannya, komponen mesin genset yang pecah akan terlempar dengan kecepatan super bahkan bisa menyamai kecepatan peluru yang ditembakan dan saling menghancurkan di antara komponen satu dengan komponen lainnya.

Penyebab Terjadinya Overspeed

Umumnya, hal yang menjadi penyebab paling umum mesin genset mengalami overspeed adalah karena adanya beberapa gangguan di sistem injeksi pada bahan bakar minyak pada mesin gensetnya. Gangguan ini kerapkali terjadi di injeksinya BBM karena mekanisme dari sistem aus atau karena BBM yang diasukkan telah tercampur dengan air.

Seperti yang diketahui jika air bisa mengakibatkan proses korosi maupun karatan di besi,  dan dalam hal ini, BBM yang telah terkontaminasi dengan air bisa memicu karatan di plunger di sistem injeksinya dan akibat dari karatan tersebut bisa membuat kinerja dari plunger macet serta volume BBM yang masuk pada ruang bakar tidak terkendali.

Untuk mengatasi kondisi di atas, Anda harus menghentikan atau bahkan menutup pasokan BBM pada mesin gensetnya dari kran valve bahan bakar. Bisa juga dengan cara menutup lobang intake filter di udara hingga mesinnya jadi kedap udara atau bahkan mati.