Yang Dibutuhkan Ketika Ingin Merakit Sendiri Fresnel LED Lighting Panggung

Yang Dibutuhkan Ketika Ingin Merakit Sendiri Fresnel LED Lighting Panggung

Sewa Lighting Panggung Jakarta – Lampu Fresnel adalah lampu standar yang kerapkali digunakan untuk pertunjukan panggung besar. Namun lampu ini pada dasarnya masih memakai bohlam lampu halogen dengan besaran watt mencapai 2000watt. Melihat kebutuhan daya yang sangat tinggi tentunya lamu Fresnel akan membuat daya listrik menjadi lebih boros suhu pun jadi mudah panas. Tidak sekedar itu saja, bohlam halogen pun memiliki usia pakai yang terbatas sekitar 400 jam-an saja.

Makin banyaknya lighting panggung yang kemudian beralih menggunakan LED, sangat tidak menutup kemungkinan untuk mengganti lampu frensel dengan jenis LED. Dan untungnya saat ini sudah banyak toko yang menjual bohlam LED dengan kapasitas daya yang sangat besar.

LED dengan 10 baris parallel yang mana tiap barisnya memiliki 20 led yang telah disusun secara seri. Aka dari itu di dalam kemasan terdapat sekitar 200 buah LED, mengingat tiap LED membutuhkan daya listrik 1 watt maka jumlah keseluruhan daya listrik yang dibutuhkan sekitar 200 watt, jadi sudah pasti LED ini mesti diletakkan di alumunium yang mampu menyerap panas yang sangat memadai. Untuk memperbaiki serapan kalor dari LED penting sekali untuk dapat menambahkan kipas angin berukuran kecil, namun bila Anda dapat membeli alumunium pendingin yang sudah dilengkapi dengan kipas maka akan menjadi hal yang jauh lebih baik.

Namun bila tidak dapat menemukan model dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa menggantikannya dengan memakai pendingin alumunium sirip yang biasa namun jangan lupa pula menambahkan kipas angin sendiri.

LED modul sudah sepatutnya ditempelkan di alumunium pendingin dengan melekat sehingga perpindahan panas dari LED modul pada permukaan alumuniumnya dapat berlangsung lancar. Jika mengingat teorinya, umum dari lampu LED ini bisa lebih dari 50 ribu jam, namun bila LED modul jadi begitu panas maka dapat mematikan LED tersebut, jadi Anda harus terus berhati-hati dalam melakukan perakitan LED modul pada alumunium pendinginnya.

Hal penting yang tidak boleh dilewatkan antara lain mencari tahu berapa besar volt serta ampere yang dibutuhkan untuk dapat menyalakan LED modul tersebut. Contohnya ketika membutuhkan tegangan sebesar 64 volt sampai 72 volt untuk bisa menyala maka arus listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkannya sekitar 3.5 Ampere. Anda harus encari power supply yang menyediakan listrik sebanyak 70V dan arusnya di antara 3 A-3.5A.

About The Author

Related Post